Saturday, December 01, 2012

Asyik Menulis :)

gambar dipinjam dari sini

Akhirnyaaa... kelas menulis yang saya ceritakan beberapa waktu lalu menjadi acara rutin. Yesss... bisa jadi wadah untuk belajar tentang sastra dan kepenulisan.. :D Menulis Hore edisi kemarin seruuuu bangeeett lebih serius dari sebelumnya xixixixi... Kita belajar tentang point of view dalam sebuah cerita. Wow... saya cukup excited karena saya belum ahli untuk menulis cerita fiksi dengan baik... XD

Di awal sesi kami diminta untuk membaca sebuah cerpen, kemudian membahas point of view-nya dan juga tentang karakter serta karakteristik tokohnya. Apakah cerita itu menggunakan sudut POV 1 (sudut pandang orang pertama), POV 2 (sudut pandang orang ke dua), atau POV 3 (sudut pandang orang ke tiga). Lalu dibahas mana yang lebih menarik, lebih susah atau pun lebih mudah dalam menulisnya. Juga tentang cara memaparkan karakter dan karakteristik tokohnya.

Dari situ saya yang tadinya belum paham tentang beda karakter dan karakteristik. Kalau karakter adalah tentang penokohan  sedangkan karakteristik adalah tentang pemaparan apa yang sedang dilakukan tokoh dalam suatu setting. Hmmm kira-kira begitu. Semoga saya tidak salah tangkap.. :D Bisa ditujes orang sekampung.. :P

Nah kalau yang tentang sudut pandang, mungkin teman-teman juga sudah paham yahh.. Mmm penggunaan kata ganti orang pertama, dimana penulis menggunakan kata 'aku' untuk tokoh utamanya, sedangkan untuk kata ganti orang ke dua, penulis menggunakan kata 'kamu', dan untuk kata ganti orang ke tiga, penulis menyebut nama-nama tokohnya, penulis bebas bercerita.

Tak berhenti pada teori, kami juga diminta untuk membuat contoh-contoh tulisan berdasarkan apa yang sudah dipelajari. Belajar langsung berkarya.. :D Nah, yang seru, kami diminta untuk membuat sebuah cerpen dengan sudut pandang orang ke dua (POV 2). Mungkin, dirasa-rasa kita jarang menemukan cerita dengan bentuk seperti itu. Tapi ternyata, kita sering-sering juga loh melakukannya. Coba deh cek tulisan kamu, mungkin tanpa sadar juga menggunakan POV 2. Seperti menulis surat atau puisi memang. Tapi, ternyata menarik juga.. :)

Berikut ada beberapa contoh tulisan hasil dari tantangan sesi yang lalu. Membuat cerpen dengan POV 2 dan tokohnya bukan manusia... :D Ada tulisan dari Benedikta Sekar , Gladish RindraJusmalia Oktaviani , dan punya saya hehehe...

Yaa... begitulah keseriusan saya dan teman-teman untuk belajar. Semoga bisa bermanfaat dan selalu menunggu pelajaran baru lagi.

Kalau kalian tertarik untuk bergabung, Kelas Menulis Hore akan ada lagi, besok Hari Minggu, 2 Desember 2012 pukul 19.00. Seperti apa caranya?

1. Siapkan apa pun yang membuat kalian terhubung dengan internet. Semacam PC, laptop, atau apa pun, asal bisa memfasilitasi kita untuk conference via YM.
2. Untuk yang menggunakan Android atau Blackberry bisa mengunduh aplikasi Beejive for Yahoo Messenger (supaya bisa conference)
3. Aktifkan akun YM masing-masing.
4. Add akun YM: teguhpuja@ymail.com (boleh add dari sekarang katanya, tinggal info sebagai peserta, jadi besok tinggal di-invite ke dalam conference)
5. Bergabunglah dalam conference dan selamat menemukan banyak ilmu baru.. ;)

Sampai jumpa besok... ;)




No comments: