Friday, March 16, 2012

Bukan Dongeng (2)


Sebenernya postingan ini udah mau dipublish dari kemaren-kemaren, tapi belom sempet-sempet ajaah... :D Iya, saya mo ngelanjutin cerita tentang eyang kakung saya. Iya, karena kangennya gak buyar-buyar... :D Oiya, tolong diingetin, mulai saat ini saya akan pake kata "saya" bukan "saia". Jadi, kalau nanti ada salah ketik tolong diingetin ya.... sebelum ketahuan sama yang nyeramahin saya kemaren. Ceramahnya yang sebuku aja belom bisa saya cerna, apalagi kalau nanti ditambahin, bongkok saya.... Tapi bagus juga sik, gak papa, ntar biar dia jadi editor aja kalau saya mo bikin buku... huahahahahaha.... Sekalian kesempatan, katarsis buat dia kalau lagi pengen marah-marahin orang... :)) :)) :))

Oke, saya lagi semangat banget cerita tentang pengalaman saya sama eyang kakung saya ini emang. Soalnya.... ya itu... saya merasakan kangen yang tak berkesudahan. Gak tau deh, setiap saya mau melakukan sesuatu gitu, tetiba jadi inget sama beliau. Saat ini juga banyak hal yang sedang saya lakukan, yang dulu pernah saya bahas sama beliau. Saya itu dari kecil emang suka ngayal, suka banget. Dan saya bisa ngakak-ngakak bareng eyang kakung saya itu kalau pas lagi berkhayal. Dan saya selalu terharu, pas saya bisa mengalami sesuatu yang pernah ada dalam khayalan saya itu. Bihihiik... kalian pasti juga punya kaaann... Ada perasaan gimana gitu... :D

Saya pengen banget cerita sama beliau, terus minta tanggepannya beliau. Trus nanti nyusun mimpi-mimpi baru lagi. Trus nanti berjuang lagi. Trus nanti cerita-cerita lagi. Trus nanti dapet inspirasi baru lagi. Trus bisa tertawa-tawa lagi. Saya akui, saya suka dengan lingkaran ini. Saya suka sekali.

Saya merasa beruntung, menjadi satu dari sekian banyak sepupu saya, yang punya kesempatan lebih banyak bersama dan mendengar cerita dari eyang kakung saya. Iya, saya juga tau, sepupu-sepupu saya juga punya kesan-kesan tersendiri dengan beliau. Makanya saya berusaha menerapkan nasihat-nasihat baiknya. Iyalaaahh... sebaik-sebaik saya di mata beliau, saya itu masih kurang disiplin, suka gak pedean, dan agak-agak bandel.... :))

Dulu itu, beliau sering dongengin saya sebelum tidur. Sambil nasihat-nasihatin gitu sik. Dongeng yang paling sering, yaa biasa aja sik. Si Kancil. Iya Kancil yang suka mencuri ketimun. Tapi beliau ngedongenginnya pake bahasa jawa dong, trus ada aktingnya juga... :D Saya suka... trus satu lagi, cerita Uthak-Uthak Ugel. Mungkin kalau yang suka baca cerita rakyat pernah tahu cerita ini. Tapi emang gak begitu populer sik. Lagi-lagi cara mendongengnya lah, yang bikin saya terpesona. Ada adegan si Uthak yang lagi makan, dan beliau nyeritainnya gini, "klethuk... kremus... klethuk... kremus..." aahh... suara beliau itu khas banget. Perawakannya yang tinggi besar, dan dengan suara tawa yang menggelegar. Bisa bayangkan, seperti apa beliau ketika mendongeng? xixixixixi....

Meski begitu, bukan berarti saya gak pernah kena marah loh... wkwkwkwkwkwk.... Dulu tuh pernah, saya pengen maen ke rumah temen saya. Udah janjian juga sik, biasalah anak SD. Cuman maennya siang... sekitar jam 2-an gitu. Nah, eyang kakung saya bilang, "Ini jamnya tidur siang, nanti sore aja mainnya." Nah, kalau sore itu kan waktunya pendek. Trus belom lagi ada jadwal ngaji, ngerjain PR dan bla...bla...bla... begitulah pemikiran saya sama temen-temen waktu itu. Tapi sekali gak boleh ya saya tetep gak boleh maen.

Ceritanya, saya ngambek dong waktu itu. Saya ambil satu buku, trus pergi ke garasi. Dari situ, eyang kakung saya udah kembali dengan kegiatannya lagi, mungkin dikiranya saya ke kamar aja gitu, pokoknya gak jadi keluar rumah. Nah, di garasi itu ada sebuah meja bueeesaaaaarrr...... kolong meja itu tertutup hampir penuh... cukuplah buat ngumpet anak-anak sebesar saya waktu itu, masih bisa napas juga kok. Dan, gak terlalu gelap juga. Saya baca buku disitu, ngusir bete gitu deh bahasa kerennya.. :)) Lah, gak berapa lama, ada suara eyang kakung dan eyang putri saya. Naga-naganya sik nyariin saya, tapi saya diem aja. Saya sempet ngikik juga sik pas eyang kakung saya ngelewatin meja tempat saya ngumpet. Tapi gak nengok ke kolong mejanya. Jadi, berdasarkan yang saya denger, mereka mengira saya tidur di kamar, tapi gak ada, makanya dicari-cari kemana-mana. Bahkan udah mau dicari ke tempat temen yang tadinya saya mau maen kesana itu. Tapi gak tau deh jadi apa enggak. Dan.... saya tetep dong di kolong meja itu. Sampe akhirnya....... pas saya membuka mata saya..... saya udah ada di kamar eyang kakung saya ajaaa..... Lahhh??!!! Iya, saya sampe ketiduran di kolong meja. Jadi kayaknya saya akhirnya ditemukan... tapi dalam keadaan tertidur.... :)) :))

Pas saya bangun gak langsung dimarahin juga, malah disuruh mandi, makan, dan duduk manis di depan tivi. Inilah saat-saat yang saya takutkan. Wawancara. Iya... saya diwawancara tentang kejadian tadi siang. Yaudah, saya jawab aja semuanya, polos. Kata beliau saya mengkhawatirkan, laen kali gak bole gitu-gitu lagi. Gak bole ngambekan, apalagi berlebihan. Muahahahahha... MasyaAlloh ya saya... coba kalo itu saya yang ngadepin anak kayak gitu.... eerrrrrr.... kraaauuukkk..... :)) :)) :))

Saya biasanya takut ngedeketin lagi kalau abis dimarahin. Jadi saya dieeeeeeemmmm aja. "Kok hari ini kamu nggak nyanyi-nyanyi?" tanya eyang kakung saya pas pagi-pagi saya mau berangkat sekolah. Saya diem. "Kalau hatinya nggak enak, nggak nyanyi, gitu?" lanjut beliau. Dalem hati saya, aahhh kok tau sih kok tau sih..... :)) :)) :))

Gitu juga sorenya saya udah diajakin jalan-jalan lagi. Suka deh kalau mau pergi-pergi sama beliau. Bajunya rapihhh.. ah di rumah aja juga rapiiii :D Selain rapi, beliau selalu bilang, kalau pergi-pergi nggak usah bawa duit banyak-banyak. Bukannya takut ilang, tapi biar gak boros katanya... :D Iya sik, kita itu kalau jalan-jalan jarang banget belanja. Setelah jelajah kota, biasanya eyang kakung saya ngajakin saya ke sebuah minimarket langganannya. Disitu, beliau beli roti tawar dengan merk Amsterdam. Iya, kesukaannya yang itu, atau Kalimas, itu merk lokal sik. Trus, beliau juga beli susu.. itu susu Frisian Flag kemasan satu liter, rasa coklat. Sesekali, beliau juga belikan saya es krim, rasa coklat... :D Dulu sik saya gemar banget sama Paddle Pop... *halah* :)) Sesampainya di rumah, kami nikmatin deh itu jajanan yang udah dibeli. Rotinya diolesin mentega, diguyur meises coklat, dan..... kami membumbu rasa roti dengan cerita sepanjang perjalanan tadi. Ahhhhhhh.... kangeeeeeeeeennnnn...... T_T Oh iya, roti racikan semacam itu, jadi bekal wajib saya sampe saya kuliah lohhh... ehhh waktu udah kerja juga siik.. tapi sekarang enggak... udah rempong bikinnya.. :)) :))

Kalau udah selesai berkegiatan. Kakek saya selalu mengisi waktu luangnya dengan membaca. Iya membaca apa aja. Kalau pagi sampe sore gitu, biasanya beliau baca koran. Emang beliau sengaja langganan koran, waktu itu, Surya sama Oposisi. Itu koran pasti khatam deh ngebacanya. Saya juga pernah diajarin cara baca koran yang cepat... :)) Etapi yang saya salut, dulu itu eyang saya emang udah sepuh banget juga sik, tapi masih heboh semangat bacanya. Selain kacamata, beliau pake alat bantu kaca pembesar, he called "suryakanta", itu dalam bahasa jawa. Tapi kaca pembesarnya gak kayak lup yang bulet dan ada gagangnya gitu. Bentuknya kotak, sliding gitu deh, beliau beli di Gramedia waktu itu, sekarang masih ada... tersimpan rapi... T_T Nah, kalau malem beliau ganti bacaannya, beliau mengaji. Saya suka ada disebelahnya pas beliau mengaji, trus ngedengerin ceramah singkatnya. Beliau bukan ulama atau semacamnya, cuma yang beliau ceritakan, lebih banyak tentanng... cara kerja Tuhan. Kadang saya itu mikir, apa ya yang dulu ada dalam pikiran beliau kalau pas cerita sama saya itu? Abisan kalau saya pikir-pikir, pembahasannya kadang terlalu berat untuk anak SD selevel saya... gak tau lagi deh kalau anak-anak cerdas lainnya.. :D Tapi, saya tetep sukaaaa... buktinya sekarang saya masih diijinkan Alloh untuk inget-inget pelajaran dari eyang kakung saya... *hamdalah* :)

Beliau juga sempet bilang, bahwa kita harus punya kesukaan atau hobi yang diseriusin. Selain belajar di sekolah, kita harus punya keterampilan lain. Soalnya, kita hidup gak cuma dari sekolah, gitu katanya. Trus, harus juga berani kritis, percaya diri dan berani jadi diri sendiri. Dan, saya melihat, beliau punya semua itu. Dan sebenarnya, rasa kehilangan itu, gak saya rasain sendiri sih. Rumah itu menjadi sangat berbeda, setelah beliau gak ada. Saya suka lupa kalau semuanya udah berubah. Abisan dulu saya selalu mendapati koran di atas meja ruang tamu kalo saya pulang sekolah. Atau, mendengar senandung lagu keroncongan setiap jam tiga sore, seusai beliau mandi sore. Aaaahhh.... saya seperti punya puluhan video yang merekam semua kebiasaan beliau.

Dan, yang ingin saya pelajari lebih jauh dari beliau, adalah... caranya menjaga cinta. Iya... menjaga cinta. Mungkin setiap orang pernah juga melihat betapa dahsyatnya cinta. Dan, saya merasa, saya juga, di hadapan saya. Aaaaaaakkkkk... bagaimana beliau memperlakukan keluarganya dan orang-orang di sekitarnya. Iya, beliau juga sungguh romantis sama eyang putri saya. Dan, hingga saat ini, saya belum bosan mendengar cerita tentang mereka. Sebegitu lekatkah, hingga eyang putri saya, dalam usia sesenja ini, masih bisa mengingatnya. Eyang kakung saya, masih menebar bahagia dimana-mana kala beliau telah menjadi sejarah. Semoga beliau juga bahagia melihat saya, kami semua yang sekarang. Semoga. *big hug* *kiss*



No comments: