Wednesday, March 28, 2012

Batas


Eh iya, kemarin-kemarin saya abis baca buku cinta dong..... ciyeeee... jarang-jarang niihh... :p

Buku ini, buku baru, diterbitkan oleh Nulis Buku. Judulnya BATAS, ditulis oleh seorang penulis yang punya nama Teguh Puja. Buku ini kumpulan cerpen gitu sih. Tapi beberapa ceritanya nujeb-nujeb banget. Kadang kalo gemes, saya berhenti ngebacanya... hehehehe... Kebanyakan tentang cinta memang, cinta yang universal, kepada siapa saja, tentang apa saja.

Juga beberapa cerita tentang pergolakan batin seseorang dalam menghadapi sebuah pilihan hidup. Dimana cerita-cerita itu dikemas dengan kata-kata yang... ehem.. puitis... dan mampu mempermainkan perasaan pembacanya. Yaa... begitulah yang saya rasa ketika membacanya. Atau, kalau kadang ada yang cukup menyentil, saya bisa cengar-cengir sendiri.

Sebenarnya, temanya sederhana. Bahkan kadang-kadang saya merasa bahwa hal-hal dalam cerita itu juga pernah saya alami *tsaaahhh* Ya, beberapa aja sik... karena di situ kan ada 46 judul.... muahahahahaha... nikmatin deh itu cerpen-cerpen sampe mabok... :)) Pasti ada satu, dua, tiga, atau entah berapa yang kalian pernah juga mengalaminya.

Mulai dari cerita persahabatan, keluarga, cinta sama pacar, jatuh cinta, gak bisa move on, sampe acara selingkuhan. Semua ada... :D Tadinya, saya mikir-mikir, kenapa buku ini dikasi judul Batas. Saya sebenernya juga belum ngerti maksudnya sik. Tapi, pembaca boleh kan punya interpretasi sendiri.. :p Kalau menurut saya sik, buku ini memang cerita tentang batas-batas rasa. Bagaimana kita bisa merasa sedih, kecewa, marah, senang. Tapi, ada satu muaranya, tenang. Saya pikir, semua orang memilih untuk ketenangan. Dari setiap apa yang dicari, muaranya adalah tenang. Ya, itu sik menurut saya, dari apa yang saya baca.. heehehehehe...

Dari buku ini, saya paling suka sama cerita yang judulnya Hadir. Entah kenapa, saya selalu inget cerita ini... Bukan berarti yang lain gak bagus, ataupun ini adalah cerita paling bagus loh. Cuman, dalam cerita ini saya menemukan suatu kesederhanaan yang kemudian menjelma menjadi istmewa.. *tsaaahhh* Ya, maksudnya itu cerita temanya sederhana, alurnya juga. Tapi saya suka.. :)

Nah, ada juga satu cerita, yang menurut saya, nggak banget. Saya jadi bertanya-tanya aja, kenapa cerita itu bisa nyempil di dalam buku itu... mungkin sengaja kali yaa.. muahahahahaha.. Itu cerita yang judulnya Malam. Ya, gimana ya, saya ngerasa aneh aja sama ceritanya... :P

Tapi di dalam buku yang tebelnya kira-kira 149 halaman itu, kita bisa serasa didongengin deh. Dan bisa saja mengulang cerita mana yang kita suka membacanya, nikmatilah. Seperti cerita Nafas, Menua, Keputusan, Haven't Met You Yet, dan semuanya, bisa menarikan bibirmu untuk tersenyum, cemberut, atau bahkan membisu... :P

No comments: